8 Organ Tubuh yang Bisa Didonorkan Saat Sudah Meninggal

8 Organ Tubuh yang Bisa Didonorkan Saat Sudah Meninggal

8 Organ Tubuh yang Bisa Didonorkan Saat Sudah Meninggal – Rupanya, manusia yang sudah meninggal masih bisa melakukan kebaikan dengan mendonorkan organ tubuhnya. Di luar negri, sudah banyak orang yang melakukan pendonoran ini karena dianggap sangat baik. Bagi mereka yang sudah lanjut usia biasanya sering melakukan kontrak atau surat perjanjian apabila meninggal maka tubuhnya boleh digunakan untuk kesehatan orang lain. Tidak heran jika dunia medis di luar negri sana sangat berkembang dan bertumbuh cepat. Ilmu kesehatan makin menunjukkan keajaiban akan kehidupan yang lebih baik. Dengan adanya donor organ ini banyak nyawa yang bisa diselamatkan dan seolah mendapat kesempatan hidup kedua.

Banyak orang Indonesia yang pergi ke luar negri demi mendapatkan pengobatan berupa donor organ ini. Tentu menjadi sebuah fenomena penting jika proses donor organ ini tidak dapat dilakukan hanya karena prosedur yang salah atau tidak sesuai.

Adapun organ yang bisa didonorkan saat sudah meninggal antara lain.

1.Jantung
Bagi penderita gagal jantung bisa mendapatkan donor jantung dari orang yang sudah meninggal. Proses ini juga harus segera dilakukan agar organ jantung ini tidak rusak oleh bakteri. Tentu saja tidak semua jantung bisa digunakan untuk penderita. Sebelum dilakukan transplantasi, baik pendonor maupun penderita harus diperiksa terlebih dahulu.

2.Katup Jantung
Ada penderita sakit jantung yang memerlukan transplantasi katup jantung. Biasanya, penderita dengan transplantasi ini lebih mudah menemukan donor yang cocok dibanding mereka yang menderita gagal jantung. Tentu saja proses ini biasanya dilakukan di luar karena medis di Indonesia belum memiliki hukum yang kuat mengenai hal ini. Banyak orang yang menganggap hal ini sebagai tabu atau kurang pantas.

3.Paru-paru
Bagi yang sudah meninggal, apabila ingin mendonorkan semua organ maka harus diperiksa secara menyeluruh terlebih dahulu. Paru-paru yang baik bisa digunakan untuk donor, namun jika sudah mengalami kerusakan atau sakit maka tentu saja tidak dapat dilakukan. Karena akan memberikan efek yang tidak baik bagi si penderita.

4.Hati
Salah satu organ yang bisa mengalami regenerasi ialah hati. Dengan hati yang sehat, ada sebagian orang yang masih bisa mendonorkan sebagian kecil hatinya ke orang lain. Hanya saja metode ini memiliki resiko yang cukup tinggi. Butuh pengalaman yang luar biasa dan cukup banyak agar bisa melakukan operasi ini. Hanya saja, sebagian orang melakukan donor hati ketika mereka sudah meninggal karena lebih efektif dan tidak mengandung resiko.

5.Pankreas
Bagian tubuh yang hampir mirip dengan hati ini juga bisa dijadikan donor organ yang sangat penting. Di luar negri sudah banyak orang yang menerima donor pankreas karena kanker atau penyakit keras lainnya.

6.Ginjal
Ini salah satu organ yang paling laku dipasaran karena banyak orang yang mengalami gagal ginjal. Penyakit ini memang menjadi fenomena tersendiri bagi banyak orang. Terutama bagi mereka yang sudah mengalami cuci darah selama puluhan tahun. Akan menjadi kabar gembira jika ada pendonor ginjal yang bisa menyembuhkan penyakitnya.

7.Usus
Belum banyak yang tahu bahwa usus bisa juga dijadikan donor. Bagi mereka yang menderita kanker usus atau harus mengalami pemotongan usus, bisa lebih sehat dengan adanya donor usus ini.

8.Kulit
Penderita luka bakar akan sangat beruntung jika mendapatkan donor kulit untuk tubuhnya. Tentu saja yang dapat mendonorkan kulit ini hanyalah orang yang sudah meninggal.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Cape Town, South Africa
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!