Apa Saja Organ Yang Sering Didonorkan

Donor Jantung

Jika mendengar istilah donor, mungkin sebagian dari kita langsung tertuju kepada donor darah. Ya, memang yang banyak dikenal dan banyak dilakukan di negara ini adalah pendonoran darah. Namun ada donor lain yang juga bersifat membantu dan bahkan sangat sangat membantu. Adalah donor organ tubuh. Mungkin sebagian dari anda sekalian juga sering mendengar jika di luar sana banyak sekali aksi jual organ tubuh yang diperjualbelikan secara ilegal. Hal ini membuktikan jika banyak sekali orang orang di luar sana yang sangat membutuhkan organ organ tubuh untuk bisa meneruskan kehidupan mereka. Di Indonesia sendiri sebenarnya juga sangat banyak. Pendonor di Indonesia juga ada namun hanya beberapa yang sudah berani melakukannya. Akan tetapi semoga hal ini semakin digalakkan bahkan melalui agen judi bola sangat rekomendasikan untuk menjadi anggota donor organ sehingga bisa saling membantu satu sama lain.

Di Indonesia ini pendonoran organ tubuh adalah sebuah hal legal dan sudah tercantum dalam salah satu Undang undang. Memberikan kesempatan hidup baru kepada orang lain yang lebih membutuhkan tentu saja adalah perbuatan yang sangat mulia. Banyak sekali organ organ yang bisa didonorkan kepada orang lain. Donor organ ini dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah donor yang dilakukan saat masih hidup yang dalam hal ini berarti jika tubuh kita kehilangan organ ini masih bisa ditoleransi dan pendonor masih bisa hidup dengan baik. Yang kedua adalah pendonoran yang dilakukan setelah meninggal dunia. Untuk jenis donor pertama yakni donor hidup ada banyak organ yang bisa didonorkan.

Donor Hidup

Yang pertama adalah ginjal. Seperti diketahui, kita memiliki dua ginjal dimana jika kita kehilangan satu ginjal, kita masih bisa hidup walaupun menjadi banyak pantangannya.

Yang kedua adalah hati. Hati adalah organ yang bisa melakukan regenerasi secara cepat. Jadi pendonoran hati ini memang banyak dilakukan. Adapula pendonoran paru paru, pankreas dan bagian dari usus. Berbeda dengan hati, organ organ ini tidak bisa melakukan regenerasi. Namun sebagian porsi organ sisa masih bisa berfungsi dengan baik. Yang selanjutnya adalah jantung. Sebenarnya jika kita kehilangan jantung maka kita akan mati. Dalam hal ini, donor jantung bisa dilakukan dalam catatan jika pendonor mendapatkan jantung pengganti. Dan yang terakhir adalah donor jaringan. Jaringan jaringan yang bisa didonorkan adalah amnion, kulit, tulang, darah, sumsum darah, sel darah, tali pusat.

Masuk kepada jenis donor yang kedua yakni donor mati atau pendonoran yang dilakukan ketika pendonor sudah meninggal dunia. Organ-organ tubuh yang bisa didonorkan antara lain adalah mata, ginjal, paru paru, jantng, hati dan pankreas. Untuk jaringan, jaringan yang bisa didonorkan ketika seseorang sudah meninggal adalah tulang, katup jantung dan kulit. Semua organ organ yang didonorkan ini juga harus melalui persetujuan tertulis oleh pendonor. Selain itu, juga harus dipastika jika organ yang akan didonorkan adalah sehat atau tanpa penyakit.

 

Leave a Reply