Berapa Usia Minimal Donor Organ

Donasi Untuk Hidup

Mungkin anda sering mendengar atau melihat berita jika ada kegiatan jual beli organ tubuh yang dilakukan secara ilegal oleh orang orang diluar sana. Memang, banyak sekali orang orang di luar sana yang sangat membutuhkan dan rela membayar berapapun agar usia hidupnya bisa terus tersambung. Oleh karena hal tersebut maka menjadikan jual beli organ ini sangat marak di pasar gelap. Memang banyak sekali orang orang yang rela kehilangan salah satu organ tubuhnya hanya untuk mendapatkan uang yang dalam hal ini juga tidak bisa dikatakan sebanding dengan apa yang sudah mereka berikan.

Di balik hal tersebut, juga masih banyak sekali orang orang yang gagah berani dan mulia yang mau mendonorkan organ tubuh yang dimilikinya tanpa paksaan dan tanpa mengharapkan imbalan. Mungkin anda sekalian juga pernah menemui iklan iklan terutama di dunia maya yang isinya adalah pendonor pendonor yang siap memberikan organ organ tubuhnya secara ‘Cuma Cuma’ kepada yang membutuhkan. Tentu saja orang orang seperti itu layak disebut malaikat. Kebaikan hatinya dan keberaniannya dalam menghadapi ruang operasi, pisau bedah demi kehidupan orang lain tentu layak diapresiasi.

Jadilah Pahlawan dengan Donor Organ

Namun tidak semua orang bisa mendonorkan organ organnya kepada orang yang membutuhkan. Ada banyak sekali hal hal yang harus dilalui dan syarat syarat yang harus dilengkapi. Yang pertama adalah mengenai kemauan dalam mendonorkan organ tubuhnya sendiri. Calon pendonor harus secara sadar mau dan memang sepenuhnya ingin membantu mereka yang membutuhkan. Pendonor tidak diperbolehkan menerima imbalan dalam bentuk apapun karena hal ini dilarang di negara Indonesia ini. Calon pendonor harus 100% melakukan hal tersebut karena ingin membnatu. Yang selanjutnya adalah dalam hal kesehatan. Hal ini sangat penting terutama bagi Anda yang penyuka judi online yang jarang melakukan olahraga.

Tentu saja ada tahapan tahapan medical check up atau tes medis untuk memastikan jika calon pendonor dalam keadaan yang benar benar siap dan baik untuk mendonorkan atau diambil salah satu organ tubuhnya dan ditransplantasikan kepada mereka yang membutuhkan. Calon pendonor ini harus bebas penyakit penyakit berbahaya semisal HIV, kanker, jantung dan penyakit penyakit lainnya yang sudah ditentukan oleh tim medis. Selain itu, calon pendonor juga harus melakukan cek tipe jaringan dan golongan darah. Hal ini dilakukan karena kesamaan jaringan dan golongan darah antara pendonor dan penerima akan memudahkan transplantasi yang dilakukan.

Untuk usia calon pendonor yang bisa melakukan donor organ tubuh ini tidak dibatasi. Baik pria atau wanita bisa melakukannya. Namun usia yang dianjurkan adalah di bawah 60 tahun. Untuk calon pendonor yang masih kecil atau di bawah 18 tahun harus didampingi orang tua atau para ahli. Sebelum melakukan pendonoran ini akan lebih baik jika anda sekalian memastikan jika anda siap menerima semuanya.

Leave a Reply