Berikut ini Organ yang Dapat Didonorkan Saat Masih Hidup dan Meninggal

Berikut ini Organ yang Dapat Didonorkan Saat Masih Hidup dan MeninggalDi beberpa negara-negara Eropa dan Amerika seperti Spanyol ini telah mengatur mengenai donor organ dalam konstitusi negara. Sehingga otomatis nantinya saat warga negara tersebut meninggal akan mendonorkan organnya karena setelah berumur 18 tahun telah terdaftar sebagai pendonor organ walaupun memang diperbolehkan untuk melakukan penolakan secara tertulis. Tentunya dengan adanya peraturan yang mengatur ini menjadikan donor setelah meninggal sangatlah banyak tidak seperti di Indonesia yang kebanyakan donor yakni donor organ ginjal dilakukan saat si pendonor masih hidup. Hal tersebut disebabkan karena hal semacam peraturan dan kampanye mengenai pendonoran organ setelah meninggal di Indonesia masih sangatlah kurang.

Padahal, dahulu pada ilmu kedokteran hanya memungkinkan melakukan cangkok alias transplatasi organ dari pendonor yang sudah meninggal dunia sepertii misalnya mati batang otak. Namun, di Indonesia donor organ setelah meninggal ini masih kurang diketahui. Walaupun demikian, Anda harus mengetahui organ apa saja sih yang bisa didonorkan saat masih hidup dan juga saat telah meninggal alias donor kadaver (jenazah). Donor organ yang bisa didonorkan saat si pendonor masih hidup dilansir dari orandonor antara lain ada ginjal hati, paru-paru, pankreas, bagian dari usus, jantung, jaringan seperti amino, kulit, tulang darah, sumsum darah, talu pyst, dan induk darah. Sementara itu, untuk organ yang bisa didonorkan setelah meninggal dunia alias donor kadaver (mayat) yang dilansir antara lain mata, ginjal, paru-paru, jantung, hati, pankreas, tulang, katup jantung dan kulit.

Memang dengan adanya organ yang bisa didonorkan saat masih hidup ini menyebabkan pasokan donor organ menjadi lebih banyak lagi terlebih lagi mengingat beberapa negara seperti Indonesia belum terlalu mengenal mengenai donor kadaver dan judi bola yang sudah terlebih dahulu dikenal di negara-negara Eropa dan Amerika.  Sedangkan donor organ kadaver ini biasanya dilakukan pada pasien yang mengalami mati batang otak ataupun orang meninggal dalam kecelakaan dan amsih banyak lagi. Demikianlah itu tadi adalah beberapa organ yang dapat didonorkan saat masih hidup dan telah meninggal.

 

Leave a Reply