Bisa Kah Orang Yang Sudah Meninggal Donor Organ

Sudah Meninggal

Donor organ mungkin masih belum banyak diketahui di Indonesia. orang orang di Indonesia mungkin masih sebatas mengetahui akan donor darah ketimbang donor organ. Namun donor organ ini sudah sangat terkenal atau banyak dilakukan di luar sana. Mungkin anda juga pernah mendengar jika ada orang orang yang memperjualbelikan organ organ kepada meerka yang membutuhkan. Tentu saja ini menandakan jika banyak sekali orang orang yang membutuhkan organ tubuh untuk terus bisa menyambung kehidupan. Donor organ adalah perbuatan yang sangat mulia. Baik itu adalah donor yang dibayar ataupun donor secara sukarela. Bisa dibayangkan jika organ tubuh adalah sebuah hal yang tidak bisa dibuat oleh manusia. Tentu saja ini tidak layak dihargai dengan uang namun dengan pujian atau apresiasi.

Dalam donor organ ini sebenarnya terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah pendonoran yang dilakukan selama si pendonor masih dalam keadaaan hidup. Donor jenis ini berarti jika dilakukan maka si pendonor masih bisa hidup dan bermain poker online dengan baik. untuk jenis yang kedua adalah donor mati. Kebalikan dari sebelumnya, donor mati berarti donor yang dilakukan setelah si pendonor meninggal dunia. Di luar sana banyak sekali orang orang yang secara sadar dan secara sukarela mendonorkan organ organ tubuhnya bagi orang lain secara Cuma Cuma. Tentu ini begitu layak disebut sebagai malaikat.

Ya, di pikiran para pendonor mati ini tentu saja akan lebih baik jika kematian dirinya bisa memberikan kesempatan hidup bagi orang lain. Walaupun nantinya si pendonor tidak akan merasakan efek atau kesakitan karena memang sudah dalam keadaan meninggal, namun tidak banyak orang orang yang berani melakukan hal yang sangat mulia ini. selain yang bersangkutan, banyak juga anggota keluarga calon pendonor yang tidak setuju jika organ organ tubuh dari kerabatnya ‘dimanfaatkan’. Oleh karena itu, dalam melakukan pendonoran dalam jenis donor mati ini harus ada persetujuan terlebih dahulu saat si pendonor masih hidup. Apa saja organ organ yang bisa di donorkan ketika seseorang sudah meninggal? Berikut adalah penjelasannya.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, donor mati adalah donor yang dilakukan setelah si pendonor tidak bernyawa atau meninggal dunia. Beberapa organ yang bisa didonorkan dan kemudian ditransplantasikan kepada orang lain yang lebih membutuhkan ada banyak sekali. Yang pertama adalah mata. Namun sebelum melakukan donor ini juga akan diperiksa apakah organ yang bersangkutan cocok dan sehat atau tidak. Selanjutnya adalah ginjal, paru paru, jantung, hati dan pankreas. Selain organ organ tersebut, adapula jaringan jaringan yang bisa di donorkan kepada yang membutuhkan. Donor jaringan yang bisa dilakukan misalnya saja tulang, katup jantung dan juga kulit.

Leave a Reply