Cara Melakukan Donor Organ

Cara Melakukan Donor Organ

Mungkin bagi sebagian masyarakat awam di negara Indonesia ini masih sangat asing dengan kata kata donor organ. Memang benar karena di Indonesia ini masih sedikit sekali seseorang yang ingin dan atau mau untuk mendonorkan organnya. Bahkan untuk sekedar donor darah pun mungkin masyarakat di Indonesia juga masih banyak yang enggan melakukannya. Padahal banyak sekali orang orang di luar sana yang membutuhkan bantuan dalam bentuk organ tubuh atau dalam bentuk darah.

Berbeda halnya jika di luar negeri. Di negara negara maju sudah banyak orang orang dari agen sbobet yang dengan sadar (atas permintaannya sendiri) mendonorkan organ tubuhnya kepada mereka yang lebih membutuhkan. Memang ini adalah perbuatan yang sangat mulia. Bagaimana tidak, anda sebagai pendonor akan membantu memberikan kesempatan hidup baru kepada yang memang membutuhkan.

Tentu saja untuk melakukan donor organ ini tidak bisa sembarangan. Calon pendonor harus melewati syarat syarat yang memang sudah diberlakukan. Menurut beberapa sumber, semua orang bisa menjadi pendonor organ tubuh. Pria, wanita semuanya bisa. Namun bagi orang orang yang masih dibawah umur atau masih berusia di bawah 18 tahun, mereka butuh pendampingan oleh orang tua atau para ahli. Untuk menjadi pendonor jelas harus dipastikan terlebih dahulu jika kondisi anda sebagai calon pendonor benar benar sehat. Ada tes tersendiri untuk memastikan bahwa kondisi tubuh anda memang tidak ada maslah atau penyakit misalnya saja kanker, HIV, diabetes atau penyakit penyakit lainnya.

Donor organ tubuh misalnya jantung atau organ lain selain ginjal, biasanya dilakukan oleh orang orang atau calon pendonor yang sudah dipastikan tidak akan hidup lebih lama lagi. Memang hal ini diperbolehkan. Dari sisi pendonor, mereka akan menganggap jika paling tidak kematiannya bisa memberikan kesempatan hidup kepada orang lain. Jika anda ingin melakukan hal tersebut anda bisa meminta rumah sakit untuk melakukan pendaftaran sekaligus mengisi formulir. Jadi nantinya pihak keluarga benar benar merelakan organ organ dari tubuh anda digunakan untuk ditransplantasi kepada mereka yang membutuhkan.

Leave a Reply