Efek Setelah Donor Organ

Efek Donor Organ

Menjadi seorang pendonor organ tubuh memang sangat mulia. Tidak semua orang memiliki keberanian dan kebaikan hati seperti orang orang yang dengan senang hati membantu manusia lain untuk bisa bertahan hidup dengan menggunakan bagian tubuhnya sendiri. Memang benar, mendonorkan organ tubuh kepada orang lain, keluarga lain yang membutuhkan jelas akan membutuhkan keberanian diri yang sangat tinggi. Tidak sebatas itu saja, ternyata donor organ juga bisa membawa efek kepada pendonor setelah salah satu organ tubuhnya di donorkan kepada mereka yang membutuhkan.

Donor organ tubuh manusia terbagi menjadi dua. Satu adalah pendonoran yang dilakukan setelah calon pendonor meninggal, dan kedua adalah donor yang dilakukan saat pendonor tersebut masih hdiup (dalam hal ini contohnya adalah donor ginjal). Ada beberapa efek yang bisa ditimbulkan sehabis operasi donor ini. yang pertama adalah nyeri. Dalam kasus donor ginjal, ada beberapa pendonor yang mengalami sakit luar biasa setelah mereka merelakan salah satu ginjal mereka kepada pasien dari judi bola yang membutuhkan. Namun hal ini tidak dialami oleh semua pendonor. Yang keuda adalah infeksi. Sama dengan efek yang pertama, untuk infeksi ini juga tergantung kepada penanganan dari operasi pendonoran itu sendiri. infeksi ini bisa terjadi jika terjadi kesalahan ketika proses pembedahan dan pendonoran. Oleh karena itu, penanganan yang tepat sangat perlu dilakukan agar pendonor bisa selamat.

Efek selanjutnya adalah gagal ginjal. dalam kasus donor organ ginjal. ini banyak dialami oleh para pendonor muda dan masih kecil. Oleh karena itu, dalam proses pendonoran ini betul betul diperlukan medical check up atau pemeriksaan medis yang tepat agar nantinya tidak menimbulkan kerugian lebih kepada sang pendonor. Ada pula efek kompilasi hati. Tentu efek ini terjadi pada pendonor yang mendonorkan hatinya atau liver. Dalam kasus ini banyak sekali efeknya dimana ada infeksi, pendarahan perut, hernia, dan juga resiko kebocoran empedu bagi pendonornya. Oleh karena itu, sekali lagi, bagi anda yang ingin mendonorkan organ anda, anda harus paham betul apa resiko yang nantinya bisa anda dapatkan.

Leave a Reply