Hal-Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menjadi Pendonor Organ

Menjadi Pendonor Organ

Menyelamatkan hidup seseorang merupakan kebaikan terbesar yang bisa saja dilakukan oleh semua orang yang memiliki jiwa yang besar. Tak semua orang berpikiran untuk menyelamatkan nyawa orang lain di tengah masalah hidupnya yang sudah membelenggunya selama ini. Namun, tak semua orang berpikiran seperti itu, masih ada banyak orang baik di luar sana yang ingin berbuat baik bagi sesama mulai dari hal kecil sampai hal yang cukup besar seperti menyelamatkan nyawa orang lain. Baik secara tidak sengaja maupu sengaja, kita bisa menyelamatkan nyawa orang lain dengan jalan yang telah di tentukan oleh Tuhan. Salah satu caranya adalah menjadi pendonor organ. Organ yang biasanya di donorkan adalah seperti ginjal, hati, jantung, kornea mata, sebagian dari pankreas atau paru-paru dan beberapa organ lainnya yang dibutuhkan oleh orang lain. Namun, tentunya untuk mendonorkan sebagian dari organ yang diberikan Tuhan untuk anda tersebut tidak lah dengan mudah bisa dilakukan. Karena ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu anda ketahui. Hal tersebut dimaksudkan demi kebaikan bagi anda sang pendonor maupun sang penerima donor organ anda.

Pada dasarnya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum anda bisa menjadi pendonor organ. Karena memang bisa menimbulkan dampak yang cukup serius bagi anda maupun bagi sang penerima organ anda jika tidak dilakukan serangkaian pengecekkan kesehatan dan administrasinya terlebih dahulu. Persetujuan dari orang-orang terdekat bagi pendonor maupun penerima juga sangatlah penting, karena hal ini sangat berkaitan dengan keberlangsungan hidup anda dan penerima donor anda. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan:

Kesehatan sebelum donor. Anda harus mempertimbangkan riwayat kesehatan anda terlebih dahulu. Bila anda mempunya beberapa penyakit yang serius seperti HIV, kanker, diabetes dan bebrapa penyakit lainnya yang berbahaya maka anda tentu tidak diperbolehkan melakukan donor organ, karena dapat memberikan pengaruh atau dampak yang buruk bagi anda maupun penerima organ. Serangkaian tes harus anda lakukan untuk menyatakan anda bisa mendonorkan organ anda selama anda masih hidup. Namun, jika anda berniat donor ketika telah meninggal, maka anda bisa mendaftar dan dilakukan cek kembali pada saat anda telah meninggal nanti, mana organ yang bisa didonorkan.

Donasi Organ

Kecocokan Golongan Darah serta Jenis Jaringan Organ yang akan di donorkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penolakan organ baru pada sang penerima organ di tubuhnya. Karena memang hal tersebut bisa menyebabkan kegagalan transplantasi jika organ yang anda berikan tidak cocok dengan golongan darah dan tipe jaringannya. Maka anda memang haru melakukan serangkaian pengecekan kecocokan untuk si penerima donor.

Kesehatan setelah donor. Sebelum anda menjadi pendonor tentu anda harus memikirkan kesehatan anda sebelumnya, jika memang anda sehat dan bisa donor, maka anda juga harus mempertimbangkan kesehatan anda pasca operasi donor organ. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan ini juga bisa memberikan pengaruh pada kesehatan anda selanjutnya. Maka memang anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter sebelum melakukan donor organ, mengetahui segala kemungkinan yang bisa terjadi setelah anda melakukan donor organ. Baik karena kemampuan kompensasi tubuh anda yang hilang tersebut maupun efek dari operasi besar yang anda lakukan.

Ketiga hal tersebut adalah pertimbangan paling penting yang harus anda pikirkan sebelum melakukan transplantasi organ, karena memang hal ini merupakan hal yang sangat penting dan perlu persetujuan dari orang-orang terdekat anda. Dan selain itu di Indonesia, melarang adanya jual beli organ tubuh, sehingga ketika anda mendapatkan organ tidak akan mendapat bayaran selain biaya medis yang wajib anda dapatkan.

Leave a Reply