Inilah Negara dengan Donor Organ Terbanyak

Negara dengan Donor Organ TerbanyakDonor organ di Indonesia mungkin belum terlalu populer. Kata donor di Indonesia masih sangatlah identik dengan kalimat donor darah padahal donor organ di negara lain sudah sangatlah populer dan masih menjadi pembahasan yang penting serta ringan. Seperti contohnya di Jerman dan Jepang yang malahan pada paket asuransi ditawarkan formulir kartu donor organ. Setiap tahunnya, telah terbukti semakin banyak orang dengan ikhlas dan suka rela untuk mendonorkan organ tubuh yang dipunyai baik hanya organ tertentu ataupun seluruh organnya ketika nantinya sudah meninggal. Di Jerman sendiri, terhitung sebanyak 80% warga negaranya merepon baik donor organ tubuh maka tdak mengherenakan bila di negara ini paket asuransi jiwa menawarkan pendonoran organ.  Meskipun Jerman termasuk negara dengan respon donor organ tubuh yang tinggi, tetapi bukan negara ini yang menjadi dengan donor organ terbanyak.

Negara dengan donor organ terbanyak ini jatuh pada negara-negara di benua Eropa yakni Spanyol di Tahun 2011 lalu diikuti Portugal, Amerika Serikat dan Prancis. Hal tersebut terjadi seiring dengan ikut bertambah serta meningkatnya jumlah transplatasi bagian organ tubuh di kawasan benua Eropa. Di Spanyol sebagai negara dengan donor organ terbanyak ini terdapat sebanyak 35 donor organ per satu juta populasi warga negaranya. Di tahun 2011 sendiri jumlah donor di Spanyol sebayak 1667 donor yang mana naik sebanyak 12 % di tahun 2010. Pada bulan september 2016 yang lalu, berdasarkan IRODAT yakni sebuah organisasi internasional yang mencatat transplatasi dan donor organ, Spanyol masih menjadi negara dengan jumlah donor organ terbanyak yang diikuti Kroasia, Belgia, Portugal, Malta dan Amerika Serikat. Karena di Spanyol ini menjadi negara dengan donor organ terbanyak, membuat pemerintah mengatur menganai donor organ tersebut pada konsitusi yang dimiliki oleh negara tersebut.

Inilah Negara dengan Donor Organ Terbanyak

Amerika yang menjadi salah satu negara dengan jumlah terbanyak dengan total sebanyak 130 juta pemain bandar bola yang mendonorkan organnya atau 52% warga negara di Amerika yang melakukan donor organ. Walaupun tergolong banyak tapi negara ini terus dikampanyekan mengenai donor organ seperti yang dilaukan Ellen DeGeneres yang terus mengkiampanyekan donasi organ tubuh. Tentunya negara-negara dengan jumlah donor terbanyak di dunia ini menjadi sebuah jawaban dari jutaan manusa yang setiap harinya membutuhkan transplatasi organ tubuh. Terlebih lagi dengan kenyataan bahwa tidaklah mudah mendapatkan donor organ tubuh terutama di Indonesia sendiri hal semacam ini belum lazim. Demikianlah itu tadi merupakan sedikit pembahasan dan informasi mengenai negara dengan jumlah donor organ tubuh terbanya di dunia. Tentunya tetap ada pro dan kontra terkait donor organ di beberapa negara dengan jumlah donor organ terbanyak ini. Namun bila melihat jutaan nyawa terslamatkan menjadi hal yang patut dipertimangkan pula.

Leave a Reply